Blog seputar beasiswa DIKTI untuk program diploma, sarjana dan pascasarjana, di dalam dan luar negeri.

Saturday, March 02, 2013

Info Beasiswa DIKTI

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau sering disingkat menjadi Ditjen Dikti atau DIKTI saja, merupakan salah satu dari lima direktorat jenderal di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. DIKTI khusus membidangi masalah pendidikan tinggi, yaitu pendidikan setelah SMA, mulai dari jenjang diploma (D1, D2, D3 dan D4), jenjang sarjana (S1), sampai jenjang pascasarjana (S2/master dan S3/doktor).

Sebagai bagian dari pemerintah, DIKTI ikut berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya melalui program pemberian beasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi di semua jenjang (mulai dari diploma, sarjana sampai pascasarjana), di dalam dan di luar negeri. Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa, calon dosen, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan pendidikan tinggi.

Untuk jenjang diploma dan sarjana, DIKTI setidaknya menyediakan lima macam beasiswa yaitu Beasiswa Pendidikan Bagi Calon Mahasiswa Berprestasi (Bidikmisi), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI) dan Beasiswa Ko-Ekstra Kurikuler.

Adapun untuk jenjang pascasarjana, beasiswa yang disediakan oleh DIKTI lebih banyak lagi, diantaranya: Beasiswa Unggulan (BU), Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs), Beasiswa Kajian Tradisi Lisan (KTL), Beasiswa Luar Negeri (BLN), Program Sandwitch, Program Academic Recharging (PAR), Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), Program Double Degree, dan Program Dual Degree.

Masih untuk jenjang pascasarjana, ada pula beasiswa dari DIKTI yang khusus ditujukan untuk kuliah keluar negeri ke negara tertentu. Seperti beasiswa Double Degree Indonesia Perancis (DDIP) ke Perancis, beasiswa Debt-Swap (DS5K) ke Jerman, beasiswa DIKTI-Kanazawa ke Jepang, beasiswa DIKTI-KNAW dan beasiswa DIKTI-NESO ke Belanda, beasiswa DIKTI-Fullbright ke Amerika Serikat, beasiswa DIKTI-NCKU ke Taiwan, beasiswa DIKTI-QUT dan beasiswa DIKTI-UTS ke Australia.

Masing-masing beasiswa DIKTI di atas memiliki karakteristik tersendiri. Masing-masing memiliki tujuan, sasaran, persyaratan, tata cara pendaftaran, komponen pembiayaan, dan karakteristik lain yang berbeda satu sama lain. Itulah sebabnya mengapa DIKTI membuat begitu banyak program beasiswa. Selain agar kamu, sebagai manusia Indonesia, bisa memperoleh kesempatan yang seluas-luasnya untuk menempuh pendidikan tinggi.

Dan yang menggembirakan adalah, semua program beasiswa DIKTI di atas bersifat tahunan. Sehingga apabila tahun 2013 ini kamu belum bisa mendaftar, atau kamu belum lolos seleksinya (semoga itu tidak terjadi), kamu masih punya kesempatan untuk mencobanya lagi tahun depan, tahun depannya lagi dan seterusnya.

Sampai di sini dulu tulisan saya. Ke depan, di tulisan-tulisan saya berikutnya, saya akan mengupas lebih dalam mengenai karakteristik tiap-tiap beasiswa DIKTI di atas. Insya Allah.

11 comments :

  1. Menambahkan, untuk beasiswa pascasarjana dari Dikti, ada lagi beasiswa Pra-S2 Sainstek. Beasiswa ini untuk dosen dan calon dosen bidang sains dan teknologi, khususnya untuk kampus di daerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beasiswa S2 untuk umum (bukan dosen/calon dosen) itu beasiswa yang mana yah? terima kasih

      Delete
    2. untuk S2 rasa2nya DIKTI hanya menyediakan bagi dosen, calon dosen dan tenaga kependidikan. untuk umum, bisa mendaftar Beasiswa Unggulan dari BPKLN. lihat di http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/

      Delete
  2. oya kenapa sih data perguruan tinggi tujuan tidak bisa dirubah di form ol dikti.. kira-kira bagaimana cara merubahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, apakah usdah dapat solusi nya mas? mohon infonya mas :)

      Delete
  3. kalo seperti saya untuk calon dosen usia sudah 30 tidak bisa ikut karena maksimal usia 26, trus mau ambil yang dosen harus punya NIDN, padahal NIDN saya blum keluar kira2 gimana solusinya, apa NIDN bisa diganti dengan keterangan SK dari kampus saja? mohon infonya

    ReplyDelete
  4. saya mau bertanya, kenapa ya , kita kita bisa mengubah universitas tujuan pada form ol dikti, saya ingin merubahnya tapi tidak bisa :( kemana contact person yang bisa saya hubungi atau alamat emailnya gtu :(,, mohon bantuannya . terimakasih

    ReplyDelete
  5. assalam..
    saya mu brtny neh,kan di itb ada pendaftaran gelombang 2,nah saya mau nyoba daftar,apakah ada peluang bagi saya untuk mendapat beasiswa?dan bgaimana syarat2ny?makasih..

    ReplyDelete
  6. asslm...
    kalau beasiswa unggulan kemendiknas yg BPKLN itu gimana critanya yah..??
    tolong dijelaskan..karna ada banyak sekali jalur2nya. saya masih kurang paham..apakah cukup dengan modal ipk 3.00 saja atau harus apa prestasi lain atau bagai mana..trimaksih....

    ReplyDelete

 
© Beasiswa DIKTI
Powered by Blogger
RSS Post RSS Komentar
Kembali ke atas